TeAms of PeOpLe Working ToGeTher CreaTe moRe ExCiteMent, MoRe EnerGy,
MoRe iDeAs, and MoRe EnThuSiASm than iNdiViDuaLs EveR Can.
Dalam dunia usaha, hampir setiap hari para eksekutif harus membuat keputusan yang
bisa mendatangkan sukses atau sebaliknya mematikan perusahaannya, yang notabene
juga akan menghancurkan karirnya sendiri. Satu hal yang sering tidak disadari adalah
kapan keputusan itu harus dibuat, yang terkadang sama penting atau mungkin bahkan
lebih penting daripada apa yang mereka putuskan
Kehidupan kita adalah cermin dari keputusan yang kita buat, baik dalam bisnis maupun
kehidupan pribadi. Dalam tiap keputusan, selalu ada saat – saat genting, dimana anda
harus memilih. Apakah keputusan diambil secara cepat namun bisa mengakibatkan
kerugian, atau sebaliknya terlalu lama mengambil keputusan sehingga telah
melewatkan suatu kesempatan. Apa yang perlu kita perhatikan disaat mengambil suatu
keputusan ?.
1. Waspadai analisa yang salah
Acapkali terjadi, para calon pengambil keputusan terus menerus mengumpulkan
data, menganalisanya berulangkali, sambil berharap menemukan hasil yang bisa
dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan yang benar.
Sebagaian dari kita dapat mengambil keputusan hebat secara cepat, karena
memanfaatkan waktu yang tersedia sebaik mungkin untuk menghimpun
informasi yang lebih detail, mempertimbangkan lebih banyak alternatif, serta
bertukar pendapat dengan rekan. Mereka juga berupaya untuk tidak terjerembab
dalam data – data, sehingga dapat melihat kenyataan yang sesungguhnya – the
big picture – dalam mengambil keputusan yang tepat. Satu hal yang tidak
mereka lakukan adalah mencoba mengumpulkan tiap helai informasi atau
berjuang untuk mencapai kesepakatan bulat. Dilain pihak, para pengambil
keputusan lambat menghabiskan waktu yang lebih lama, hanya untuk sampai
pada kesimpulan yang sama. Mereka berjuang mati – matian untuk menguasai
semua data dan mencapai konsensus bersama. Begitu kesepakatan tercapai,
seringkali hal tersebut sudah tidak relevan lagi.
2. Pelajari alternatif yang ada
Sikap terlalu ekstrim juga tidak baik dalam pengambilan keputusan. Bertindaklah
bijaksana dengan mempelajari dahulu pilihan yang akan anda putuskan, agar
tidak menimbulkan penyesalan dikemudian hari. Tak ada salahnya, bertanya
kepada orang lain yang anda anggap mempunyai banyak informasi tentang
masalah anda. Yang pasti, baca, selidiki dan ketahui dulu alternatif tersebut
sebelum membuat keputusan penting.
3. Putuskan segera
Putuskanlah sesuatu dengan segera sesuai kemampuan anda, karena bila
menunggu berarti telah melewatkan peluang atau pilihan penting. Luaskan sudut
pandang anda sehingga dapat mengambil keputusan lebih cepat dengan
mempertimbangkan berbagai alternatif dari keputusan anda.
4. Jangan abaikan perasaan anda
Mungkin pernah terjadi, ketika persiapan sudah matang, anda masih menunda –
nunda sebuah keputusan. Alasan yang masuk akal ialah bahwa alam sadar anda
memutuskan sesuatu yang ditolak oleh alam bawah sadar anda. Perasaan
seperti ini biasanya timbul berdasarkan pengalaman dan emosi yang tidak dapat
diukur. Lalu, bagaimana bila dalam waktu yang terbatas, anda berada diantara 2
pilihan yang tampaknya sama – sama baik dan penting ?. Dapat anda lakukan
dengan cara melakukan Shalat Istikharah, dengan selalu meminta petunjuk yang
baik menurut Allah.
5. Tentukan deadline
Menurut penelitian, tepat di tengah jalan antara permulaan sebuah proyek
dengan batas waktu pekerjaan (deadline), sebuah tim harus mulai dengan
pekerjaan sesungguhnya. Tentu saja ketika mencapai titik tersebut, sering
dihasilkan keputusan yang tidak diduga sebelumnya. Untuk itu konsentrasikan
pikiran pada waktu yang tersisa dan fokuskan pekerjaan kepada apa yang dapat
dicapai. Pengambilan keputusan harus berpindah tahap, yaitu dari tahap diskusi
ke tahap pengambilan keputusan.
6. Laksanakan keputusan sepenuh hati
Jangan mengambil keputusan apapun jika anda merasa tidak yakin dengan apa
yang anda lakukan. Namun demikian, kadang perlu juga mengambil resiko saat
membuat suatu keputusan. Yang penting, keputusan tersebut diambil pada
waktu yang tepat dan dilaksanakan dengan sepenuh hati
7. Pilih waktu yang tepat
Waktu yang tepat adalah salah satu faktor penting dalam pengambilan
keputusan. Ingatlah selalu, setengah dari peperangan dapat dimenangkan jika
anda tahu kapan waktu untuk menyerang. Tentu saja hanya sedikit dari kita yang
berada dalam posisi untuk mengambil keputusan dengan nilai milyaran dolar.
Akan tetapi kita semua pasti mempunyai keputusan penting yang harus diambil.
Followers
Calender
View
Page Rank
Live Traffic Feed
Category
- belajar dari pengalaman (1)
- bisnis (1)
- business (1)
- entrepreneurship (8)
- financial (2)
- in business with dream (1)
- karir (1)
- kebebasan uang (2)
- kerja keras (2)
- Kisah Sukses (1)
- kunci sukses (1)
- leader (8)
- make money (1)
- membuat uang (1)
- mental positif (1)
- meraih sukses (1)
- pantang menyerah (1)
- pemimpin (1)
- pikiran bawah sadar. program (1)
- Strategi sukses (1)
- Success (9)
- sukses (2)
- Tipe wirausaha (1)
- tips meraih sukses (4)
- tips to get success (2)
Saturday, January 10, 2009
Yang terpenting dalam mengambil keputusan
Posted by Bamsyul at 2:00 AM
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment